Putri Kiai NU Asal Semarang Meninggal Kecelakaan di Mesir: Begini Kronologinya

Rektor Universitas AlAzharKairo Dr Ibrahim Al Hudud, secara khusus menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Ning ArinaSabiela Fadlolan (22), mahasiswi asal Indonesia di km 130 Jalan tol Kairo Alexandria, Selasa (8/3/2022) dini hari. Mobil jenis MPV yang ditumpangi Ning Arina, terbalik dalam kecelakaan tunggal di jalur padang pasir. Bersama almarhum, juga tercatat tiga mahasiswa asal Jawa Tengah lainnya. Satu wanita, dan dua pria.

Almarhumah adalah mahasiswa tingkat akhir Fakultas Ilmu Islam dan Bahasa Arab Putri di Universitas Al Azhar, Mesir. Ungkapan belasungkawa rektor universitas tertua di dunia ini, disampaikan melalui sambungan telepon kepada Duta Besar Indonesia untuk Mesir Dr Lutfhi Rauf, sebelum penyemayaman jenazah di i Rumah Kekeluargaan Masyarakat Jawa Tengah (Griya Jawa Tengah) di daerah Nasr City, Kairo, Rabu (9/3/2022) malam, waktu setempat. Almarhumah adalah adalah putri dari KH FadlolanMusyafa' Muti (52), Khatib Aam Syuriah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Tengah periode 2013 2018.

Ayah dan ibu almarhum Nyai Haji Fenty Hidayah, kini jadi pengasuh di Pesantren FadlulFadlan Bilingual Berbasis Karakter Salaf di Semarang, Jawa Tengah. Upacara ini dipimpin Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kairo Prof Dr Bambang Suryadi MA. Prosesi hybrid (online dan offline) ini dihadiri sekitar 1000 an Mahasiswa Indonesia Mesir (Masisir) di Kairo.

Selama tiga periode, mulai 1997 hingga 2010, ayah almarhumah, KH FadlolanMusyafa' (52) pernah menjabat protokoler di KBRI Kairo. Melalui rilis ini keluarga besar KBRI Kairo dan masyarakat Indonesia di Mesir menyampaikan bela sungkawa dan duka yang mendalam atas peristiwa yang menyedihkan ini. Sebelumnya, kantor kedutaan Indonesia di Kairo menurunkan tim evakuasi khusus dan pendampingan ke Wadi El Natrun Center district Beheira, Mesir, Selasa (8/3/2022) pagi hari, sekitar 4 jam setelah insiden.

Tim ini terdiri dari staf protokoler, 4 tenaga medik dari rumah sakit Air Force Hospital, termasuk Wakil Duta Besar untuk membantu pengurusan jenazah, mendampingi para korban luka ke rumah sakit, dan membantu percepatan proses administrasi di kantor kepolisian setempat. KBRI memberikan apresiasi kepada seluruh pihak termasuk mahasiswa yang mendukung kelancaran penanganan korban kecelakaan ini. KBRI juga menghimbau segenap masyarakat Indonesia di Mesir untuk senantiasa berhati hati saat berkendara dan mengikuti aturan keselamatan di jalan.

Menurut rencana jenazah akan dipulangkan dari Kairo Rabu, 9 Maret 2022 dengan Turkish Airlines, pukul 09.30 CLT dan akan tiba di Jakarta hari Kamis, 10 Maret 2022 pukul 18.00 WIB. Ning ArinaSabiela Fadlolan (22), meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan tunggal di jalan raya bebas hambatan di di sisi padang pasir terpencil di Wadi El Natrun Center district Beheira, Mesir, Selasa (8/3/2022) dini hari. Bersama Ning Arina, tiga mahasiswa Universitas AlAzharKairo, lainnya.

Mereka menumpang mobil jenis multi porpuse vehicle (MVP) merek Suzuki, varian Ertiga. Kini mobil tujuh seat itu masih diamankan di sebuah markas polisi di distrik district Beheira, Mesir. Sementara satu korban luka patah tulang saat ini masih menjalani perawatan di RS Rab’ah Al Adawiyah, Nasr City.

Dua korban luka ringan, menjalani trauma healing. Dari situs berita Kairo,Al Bawabh Newskorban meninggal dalam kecelakaan tunggal, di kilometer 135 dari arah Kairo ke Alexanderia, Mesir. Jarak Kairo ke provinsi Alexanderia sekitar 210 km. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.