Menparekraf: Sektor Video Game Akan Berkembang Pesat Tahun Depan

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno memprediksi industri kreatif yang berkaitan dengan dunia digital tengah meningkat akan berkembang pesat pada 2022. "Seperti film, video game, dan konten konten kreatif, subsektor subsektor ini berkembang dengan sangat pesat di masa pandemi ini," ujar Sandiaga dalam keterangannya, Selasa (28/12/2021). Sandiaga menjelaskan, saat pergerakan kita di luar rumah dibatasi oleh PPKM, maka hiburan hiburan bersifat digital pun menjadi pilihan masyarakat yang butuh hiburan.

"Selain itu, terkait sektor video game, saya melihat subsektor ini punya kemungkinan yang kuat untuk berkembang dengan sangat pesat di tahun tahun mendatang," tutur Sandiaga. Sandiaga mencontohkan, hal tersebut terlihat dari keikutsertaan Indonesia di ajang Tokyo Game Show 2021 beberapa waktu lalu. "Kita bisa melihat industri game ini adalah industri yang besar dan pesat, terlebih mulai banyak game game buatan developer lokal yang diminati oleh gamers di seluruh dunia," ucap Sandiaga.

Menilik pada tahun 2020 lalu, Subsektor game juga ikut menyumbang angka sebesar Rp24,88 triliun atau sekitar 2,19 persen untuk PDB nasional. "Jadi subsektor ini akan kami dukung dengan program program yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu seperti misalnya pendampingan pendampingan dan inkubasi bisnis sehingga para game developer dapat berperan serta membuka lapangan kerja dan membangkitkan perekonomian nasional," ucap Sandiaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.