Beberapa Komponen Yang Perlu Diperhatikan Saat Melakukan Perawatan Ban Motor

Kalau kondisi ban kendaraan tidak sempurna, maka biasanya tak bisa meluncur kencang. Beberapa pengemudi terkadang tidak memperhatikan seperti apa keadaan ban motor mereka dan jika belum sepenuhnya bocor, belum mengganti ban tersebut.

Tidak hanya dari tekanan udara ban saja, keadaan ban zeneos di luarnya serta spek ban harus diperhatikan dan dirawat dengan baik. Berikut ini beberapa komponen tertentu yang perlu diperhatikan untuk merawat ban motor dengan baik.

Pentil ban

Hindari sampai pentil pada ban yang digunakan bocor. Agar bisa mengecek bocornya udara pada bagian satu ini, anda bisa coba mengoleskan air di bagian atas lubang pentilnya, jika ada gelembung udara lalu kemudian pecah, keadaan pentil tersebut sedang bocor.

Lebih baik langsung saja ganti dengan pentil ban motor yang baru.

Beban sepeda motor

Bawaan yang dibonceng dengan bobot yang berlebih bisa membuat ban cepat gundul. Hindari hal satu ini terjadi dengan cara tidak melebihi batasan beban yang ditentukan dari sepeda motor terkait.

Lebih baik selalu cek kondisi ban motor anda tiap 10.000 km agar bisa mengantisipasi kerusakan di kemudian hari.

Pakai ban motor yang berukuran sesuai

Gunakan ban dan velg yang ukurannya dianjurkan dari pabrikan motor, ban dalam atau pun ban luar keduanya harus disesuaikan dengan benar. Karena pabrikan pasti telah memperhitungkan ukuran yang paling sempurna untuk motor.

Dengan ban berukuran kurang sesuai maka bisa berakibat bahaya karena dapat merusak komponen motor tertentu.

Udara

Tingkat tekanan udara haruslah sesuai anjuran pabrikan. Bisa saja terjadi potensi bahaya jika ban motor kurang angin termasuk kelebihan angin. Misalnya seperti tarikan yang menjadi berat atau ban tidak rata habisnya.

Kebersihan ban motor

Dianjurkan untuk membersihkan ban sepeda motor anda secara rutin, apalagi jika ada pasir dan kerikil. Benda-benda yang seperti ini bisa saja mempercepat keausan.

Cek komponen pada roda

Kalau ada goyangan dikarenakan kerusakan roda, anda perlu segera memperbaikinya supaya menghindari ban yang aus tidak merata. Selain beberapa hal di atas, hindari juga motor lama terparkir di saat sedang terik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.