Apa Itu Ukhuwwah? Berikut Pengertian, Macam-macam dan Proses Terbentuknya

Simak pengertian, macam macam, proses terbentuknya ukhuwwah dalam artikel ini. Dalam Islam, sebagai umat manusia kita diharuskan untuk hidup rukun. Salah satu cara agar dapat hidup rukun yaitu dengan ukhuwwah.

Adanya ukhuwwah dapat mempererat tali persaudaraan umat muslim. Lalu apa itu ukhuwwah? Ukhuuwah berasal dari kata akhun yang berarti saudara.

Secara bahasa, ukhuwwah berarti persaudaraan. Sedangkan secara istilah, ukhuwwah adalah sikap terpuji di mana menumbuhkan perasaan kasih sayang, persaudaraan, kemuliaan dan rasa saling percaya terhadap orang lain. Berikut macam macam Ukhuwwah dalam Al Qur'an:

1. Persaudaraan senasab Hal tersebut sesuai dengan surah An Nisa ayat 11 yang membahas tentang kewarisan atau keharaman menikahi orang orang tertentu. 2. Persaudaraan sekeluarga

Persaudaraan keluarga yaitu persaudaraan yang dijalin oleh ikatan keluarga seperti doan Nabi Musa a.s. dalam al Quran. Hal tersebut sesuai dengan surah Thaha ayat 29 30. 3. Persaudaraan sebangsa wakau tidak seagama.

Hal tersebut sesuai dengan surah Al A'raf ayat 65. 4. Persaudaraan semasyarakat walaupun berselisih paham. Hal tersebut sesuai dengan surah Shad ayat 23.

5. Persaudaraan segama Hal tersebut sesuai dengan surah Al Hujurat ayat 10. 6. Persaudaraan sekemanusiaan.

Al Quran menyatakan bahwa sesama manusia diciptakan oleh Allah SWT dari Adam dan Hawa. Hal tersebut sesuai dengan surah Al Hujurat ayat 13. 7. Persaudaraan semakhluk dan sehampa kepada Allah SWT.

Hal tersebut sesuai dengan surah Al An'am ayat 38. Selain itu, Quraish Shihab membagi persaudaraan secara ringkas. 1. Ukhuwwah fi al 'Ubudiyyah

Ukhuwwah fi al 'Ubudiyyah adalah persaudaraan kemakhlukan dan ketundukan kepada Allah SWT. Semuanya adalah saudara karena merupakan ciptaan Allah. 2. Ukhuwwah fi al Insaniyyah/Basyariyyah

Ukhuwwah fi al Insaniyyah/Basyariyyah adalah persaudaraan dari seluruh manusia karena berasal dari satu ayah dan ibu yaitu Adam dan Hawa. 3. Ukhuwwah fi an Nasab wa al Wathaniyyah Ukhuwwah fi an Nasab wa al Wathaniyyah adalah persaudaraan yang dijalin karena kesamaan dalam keturunan dan kebangsaan.

4. Ukhuwwah fi ad Din al Islamiyyah Ukhuwwah fi ad Din al Islamiyyah adalah persaudaraan yang dijalin karena persamaan agama Islam. Ukhuwwah ini harus diorientasikan pada 8 prinsip pokok, yaitu:

Akidah yang disimpulkan dalam kalimat syahadat Toleransi dalam perbedaan Saling menolong antar sesama

Sikap seimbang antara semua bidang Bersikap sederhana dan tidak memihak Integritas dan konsolidasi di semua bidang

Memandang Islam sebagai rahmat seluruh alam Membentuk masyarakat yang madani Berikut proses terbentuknya persaudaraan:

A. Melaksanalan saling mengenal (Ta'aruf) Ta'aruf adalah usaha saling mengenal sesama manusia. Usaha ini merupakan wujud impplementasi dari perintah Allah untuk saling mengenal.

B. Melakukan proses saling memahami (Tafahum) Tafahum adalah usaha saling memahami. Sikap ini terjalin setelah proses pengenalan.

C. Bersikap saling tolong menolong (Ta'awun) Ta'awun adalah sikap saling tolong menolong. Sikap ini terjalin setelah saling mengenal dan memahami.

D. Bersatu (Ta'alluf) Ta'alluf adalah bersatunya seorang muslim dengan muslim lainnya. E. Melaksanakan proses saling menjaga (Takaful)

Takaful adalah sikap saling memberi keamanan. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.