7 Warga Nagari Pasaman Barat Dirujuk ke RSUD Karena Menderita Luka Berat Akibat Gempa

Kepala Puskesmas Ladang Panjang Kabupaten Pasaman, Ismail melalui staff Puskesmas, Putri menyampaikan bahwa empat orang warga Nagari Malampah Kecamatan Tigo Nagari meninggal dunia akibat gempa pada hari Jumat (25/2/2022) pagi. Lebih lanjut ia mengatakan, tujuh orang lainnya mengalami luka berat dan telah dirujuk ke RSUD Pasaman Barat, dan Pasaman. "Lima orang telah dirujuk ke RSUD Pasaman Barat, dua orang ke RSUD Lubuk Sikaping," tambah dia.

Kemudian, ia mengatakan sebanyak 27 orang mengalami luka ringan. Sebagian besar dari 27 orang warga itu, kata dia, masih menerima perawatan posko yang didirikan di kawasan Puskesmas. "Beberapa orang sudah mulai pulih, dan memutuskan untuk pulang ke rumah mereka," lanjutnya.

Update sementara, empat orang meninggal dunia, berikut identitasnya. Staff Puskesmas Ladang Panjang menyampaikan empat orang korban meninggal dunia beralamat di Nagari Malampah. Fitri (4), perempuan, warga Guguang, Nagari Malampah.

Susi Susanti (26) perempuan, Air Apung Nagari Malampah. Amaik (17) Laki laki, Air Apung, Nagari Malampah. Nian (74) , Nagari Malampah

Sebelumnya, masjid dan rumah dilaporkan rusak akibat gempa Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Jumat (25/2/2022). Gustrizal selaku Kasi Kedaruratan BPBD Pasaman Barat membenarkan adanya kerusakan bangunan akibat gempa yang terjadi pagi hari ini. "Iya ada kerusakan rumah ada, kemudian rumah ibadah. Itu ada beberapa," kata Gutrizal.

Ia mengatakan, petugasnya masih di lapangan untuk melakukan pengecekan dan mendata jumlah bangunan yang mengalami kerusakan. "Daerah terdampak untuk data sementara ada di Kecamatan Talamau, Kecamatan Pasaman, dan Kecamatan Kinali," katanya. Kata dia, untuk kawasan kecamatan lainnya belum ada masuk laporannya dan belum dapat dihubungi.

"Petugas masih di lokasi sampai saat ini. Untuk informasi warga yang mengalami luka baru sekadar laporan," katanya. Ia mengatakan, ada warga yang mengalami luka akibat tertimpa reruntuhan gempa di Nagari Kajai, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar. "Itu baru sekadar laporan dari WhatsApp Group, tapi kami belum mendapatkan kepastiannya," katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.